Selasa, 06 September 2011

Non aktif system restore



sytem Restore pertama kali diperkenalkan pada Windows ME, fitur ini sangat bermanfaat terutama bila anda sering melakukan perubahan-perubahan pada komputer anda. Dengan fitur ini bila suatu saat terjadi masalah atau eror dengan komputer anda ketika anda selesai menginstal sebuah software atau driver, anda bisa mengembalikan keadaan Windows XP pada kondisi normal sebelum terjadinya eror masalah tersebut.
Namun fitur  yang sangat bermanfaat ini justru seringkali dimanfaatkan virus untuk tetap berdiam diri pada komputer anda. Saat anda akan merestore komputer anda, maka si virus pun ikut merestore diri, dan kembali menyerang komputer anda.

Anda pasti pernah mengalami ketika antivirus anda menemukan virus di folder System Volume Information, tapi antivirus anda tidak bisa berbuat banyak dan tidak bisa memusnahkan virus tersebut, karena folder System Volume Information merupakan folder yang dilindungi oleh Windows Xp anda.
Untuk mengatasi permasalahan seperti ini, langkah berikut mungkin layak anda coba, Menonaktifkan System Restore untuk Memusnahkan Virus.
> Untuk memusnahkan virus tersebut yang anda perlukan adalah Antivirus dengan Update terakhir (yang sudah mengenali virus yang akan dimusnahkan)
> Non Aktifkan dulu System Restore, karena kalau dalam System Restore masih aktif, antivirus anda tetap tidak akan bisa menghilangkan virus tersebut. Untuk menonaktifkan System Restore inilah langkah-langkahnya :
Default Control Panel
Klik Start Menu | Control Panel | Performance and Maintenance | System  kemudian pada jendela System Properties pilih tab System Restore dan beri tanda ceklis pada pilihan : Turn Off System Restore
Control Panel dengan Classic View
Klik Start Menu | Control Panel | System  kemudian pada jendela System Properties pilih tab System Restore dan beri tanda ceklis pada pilihan : Turn Off System Restore
> Setelah anda menonaktifkan System Restore, restart komputer anda untuk memberikan effek
> Setelah itu, scan kembali folder System Volume Information dengan antivirus anda dan kali ini Antivirus anda seharusnya bisa menghilangkan virus tersebut.
> Setelah folder System Volume Information terbebas dari virus, ada baiknya anda kembali mengaktifkan system dengan mengulangi langkah kedua diatas tapi kali ini hilangkan tanda ceklis pada opsi  Turn Off System Restore

System restore dalam penggunaannya berfungsi untuk mengembalikan komputer pada keadaan di waktu tertentu yang tercatat pada Restore Point. Hal ini sangat bermanfaat ketika komputer Anda mengalami disfungsi atau error tertentu karena perubahan atau aktifitas yang sengaja maupun tidak telah Anda lakukan terhadap komputer Anda, misal Anda menginstal sesuatu. Secara default, System Restore ini sudah enable atau sudah aktif. Namun jika belum aktif, Anda dapat meng-enable-kannya.

Untuk meng-enable fungsi System Restore ini, Anda dapat melakukan tahapan berikut:

    Klik kanan pada My Computer, lalu klik Properties.
    Pada tab Performance, klik File System.
    Pada tab Troubleshooting, klik check box “Disable System Restore” untuk menghilangkan tanda centang pada check box System Restore yang menyebabkan System Restore ini disable.
    Untuk men-disable System Restore ini, tinggal ulangi langkah 1 sampai 3 hanya saja beri centang pada check box “Disable System Restore” dengan mengklik pada check box tersebut. Klik OK dua kali, lalu klik Yes ketika ada notifikasi untuk me-restart komputer.

Pada beberapa komputer, tahapan yang harus dilewati bisa berbeda dan bahkan lebih sederhana. Berikut cara meng-enable System Restore:

    Klik kanan pada My Computer.
    Klik tab System Restore.
    Klik pada check box “Turn Off System Restore” untuk menghilangkan tanda centang pada check box tersebut dan System Restore Anda kini enable.
    Klik Tombol OK atau Apply untuk menerapkan perubahan tersebut.
    Untuk men-disable System Restore, ikuti langkah 1 sampai 4 hanya saja check box diklik agar diberi tanda centang. Untuk disable, ketika Anda menekan tombol OK atau Apply, akan muncul notifikasi, jika Anda yakin akan menonaktifkan System Restore, pilih Yes. Lalu tekan tombol OK sekali lagi.

Source : http://islam-download.net/tips-tricks/enable-disable-system-restore.html
Tips menonaktifkan System Restore Win ME dan XP

Bagi anda yang sering melakukan scanning dan menemukan virus di Windows ME dan XP, tentunya anda sering mengalami kesulitan untuk membersihkan komputer anda yang terinfeksi virus karena adanya proteksi System Restore dari kedua OS tersebut.

Berikut ini kami berikan tips menonaktifkan System Restore Win ME dan XP agar anda dapat membersihkan komputer yang terinfeksi oleh virus.

Win ME :
1.Klik kanan [My Computer] dan pilih [Properties]
2.Pilih Tabulasi [Performance]
3.Klik tombol [File System]
4.Pada jendel File System Properties, pilih tabulasi [Troubleshooting]
5.Tandai [Disable System Restore] dengan mengklik checkbox.
6.Klik tombol [Apply]
7.Tutup jendela dengan klik [Close]
8.Klik [Yes] untuk melakukan Reboot.
9.Setelah itu anda dapat melakukan scanning dan membersihkan virus yang menginfeksi komputer anda.
10.Untuk mengaktifkan kembali System Restore, ulangi langkah diatas dan pada point 5 hilangkan tanda pada checkbox.



Win XP
System Restore diciptakan guna membantu anda mengembalikan setting pada satu titik tertentu yang telah anda tentukan, sehingga jika terjadi kekacauan dalam setting Windows anda, anda tinggal melakukan restore. Tetapi fasilitas ini justru menyulitkan pembersihan virus karena file yang di back up oleh System Restore tidak dapat dibersihkan oleh antivirus karena diproteksi oleh Windows atau virus tersebut akan kembali lagi jika dilakukan system Restore ke kondisi yang mengandung virus.

Karena itu, anda perlu menonaktifkan System Restore dengan cara sebagai berikut :
1. Pilih [Start] atau [My Computer]
2. Klik [View system information]
3. Pilih Tabulasi [System Restore]
4. Aktifkan Checkbox [Turn off System Restore on all drives] dengan klik pada kotak kosong dan klik tombol [Apply]
5. Anda akan dikonfirmasi untuk menonaktifkan System Restore. Klik tombol [Yes]
6. [Drive settings] akan berubah menjadi abu-abu (menjadi nonaktif). Klik tombol [OK]
7. System Restore Windows XP telah anda nonaktifkan
8. Sekarang scan komputer anda dari virus dan disinfeksi virusnya.
9. Setelah anda disinfeksi virus, aktifkan kembali System Restore dengan cara yang sama, kecuali pada point ke 4 hilangkan tanda pada checkbox [Turn Off System Restore on All Drives]
================================== Selamat





Tidak ada komentar:

Posting Komentar